Sablon kaos hitam di printer DTG Automatic

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Sablon kaos hitam di printer DTG Automatic. Untuk artikel sebelumnya sudah pernah saya bahas tentang cara print DTG di kaos hitam namun di mesin DTG printer manual. Arti dari pinter DTG Automatic adalah printer DTG yang sudah menggunakan system modul controller yang system maju mundurnya menggunakan system Robotic Arduino. Sistem ini lebih menguntungkan karena dengan tombol maju dan mundur secara Automatic, otomatis gambar yang jalan cetaknya dua kali menjadi lebih presisi dan kemungkinan tidak presisi sangat kecil kecuali controllernya rusak.

Sebagian besar printer DTG yang kami produksi adalah presisi yang sudah test uji beberapa kali cetak sebelum dijual.  melihat perkembangan sablon kaos pastinya hampir semua pernah mengenal proses sablon kaos manual menggunakan kain screen atau yang biasa disebut screen printing atau sablon manual. Sablon kaos hitam menggunakan metode sablon manual atau screen printing juga sama proses atau tahapannya, yaitu harus pisah warna di kaos gelap terlebih dahulu dalam arti kata harus pisah film untuk proses cetak kaos hitam namun pada sablon manual agak terlalu rumit karena kita harus memerlukan waktu yang cukup lama seperti afdruk film satu per satu. Cara print DTG di kaos hitam juga harus melewati beberapa tahapan salah satunya adalah harus pisah warna dahulu di program photoshop tetapi langkah ini cukup simple karena menggunakan computer yang pisah warnanya sangat akurat. Sablon kaos hitam di printer DTG Automatic memang agak sedikit rumit namun bila dilakukan dengan rutin maka tidak akan terasa susah justru menjadi kebiasaan yang menyenangkan.

Untuk beberapa desain teks atau tulisan yang berbentuk blok-blok agak mudah dilakukan, proses pisah warnanya juga tidak sulit dilakukan. Tetapi jika kita menerima orderan yang bentuknya foto di kaos hitam nanti untuk pisah warna kaos hitam di sparasi foto mungkin akan menjadi kendala buat kita. Bagaimana cara pisah warna antara File untuk print tinta putih dan File untuk print tinta warnanya ? Disini akan kita bahas lebih dalam lagi agar operator mampu menjalankan cara-caranya.

Untuk proses pertama pada langkah pisah warna kaos hitam ini dilakukan di program photoshop, untuk pemula jangan pesimis dulu dengar program ini, tidak susah kok untuk belajar photoshop karena buat pencetak kaos yang selalu menerima order print kaos satuan akan sering melakukan pekerjaan pisah warna ini. Dan untuk prosesnya kita juga gak perlu mahir benar untuk menguasai program photoshop ini, yang terpenting bisa untuk sablon kaos hitam saja sudah bagus. Dibawah ini proses untuk pisah warnanya, ada beberapa langkah yang harus dilakukan dan mungkin artikel ini terlalu panjang dalam penjelasannya namun akan lebih baik mengikuti langkah-langkah ini agar pembaca dapat mempraktekan cara pisah warna di photoshop. Silahkan disimak dan bisa langsung dipraktekan.

Pisah Warna pada program Photoshop untuk Sablon kaos hitam di printer DTG Automatic :

Dibawah ini proses untuk pisah warna di program photoshop, jika ingin cepat mahir silahkan ikuti intruksi di bawah ini secara satu per satu agar mudah untuk di mengerti.

1. Buka file yang akan di proses.

2. Cropping gambar.

3. Klik Magic Wand Tool

4. Pilih Color Range.

5. Klik Background yang ingin dihilangkan.

6. Pilih Fuzziness dan isi poin 30.

7. Delete.

8. Tekan Ctrl+D atau Deselect.

9. Save as dengan format TIFF.

10. Centang “save as copy” dan centang “ICC Profile”.

11. Centang “save transparency” lalu klik OK.

12. Invert gambar dengan cara tekan “ctrl+I”.

13. Tekan “ctrl+U” untuk edit Hue Saturation.

14. Geser Saturation ke kiri hingga angkanya mencapai “-100” lalu tekan OK.

15. Tekan “ctrl-M” atau Curves dan pilih Darker (RGB) hingga 5 kali.

16. Pilih Layer dan klik Select Pixels.

17. Pilih Contract Selection, ada di menu Select-Modify-Contract.

18. Tekan pada keyboard “Shift+Ctrl+i” atau Inverse untuk membalikan magic wand nya keluar.

19. Setelah di inverse lalu di Delete.

20. Pilih Deselect untuk menghilangkan magic wand nya.

21. Lalu file di save.

22. Save file dengan format TIFF.

23. Centang “Save as copy” dan centang juga “ICC profile”.

24. Save dan berikan nama file tersebut dengan nama “White”.

25. Centang save transparency lalu klik OK.

Setelah di save semuanya maka Anda sudah mendapatkan file white dan file warna, setelah itu masukan file-file tersebut ke program Acrorip dan sudah siap untuk mencetak kaos hitam. Untuk lebih detail silahkan lihat video di bawah ini tentang pisah warna di photoshop.

Setelah file di buka di program Acrorip lalu siapkan kaos untuk dicetak, sebelum sablon kaos hitam dengan menggunakan printer DTG ada baiknya kaos di berikan cairan dark treatment dahulu untuk supaya tinta putih menempel pada bahan serat kaos hitam. Silahkan lihat cara pre-treatment kaos hitam pada video di bawah ini.

Jika pre-treatment di kaos sudah dilakukan, selanjutnya kaos dipasang pada mesin DTG Printer Automatic. silahkan lihat video di bawah ini, selamat mencoba dan salam sukses.

Website Partner

0857 760 57585

Jalan Shibi 2 Srengseng Sawah

Jakarta Selatan 12640

printerdtgvjet@gmail.com