Cara print DTG di kaos hitam

Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang langkah-langkah sablon DTG di kaos hitam. Kalo melihat perkembangan sablon kaos pastinya hampir semua pernah mengenal proses sablon kaos manual menggunakan kain screen atau yang biasa disebut screen printing atau sablon manual. Sablon kaos hitam menggunakan metode sablon manual atau screen printing juga sama proses atau tahapannya, yaitu harus pisah warna di kaos gelap terlebih dahulu dalam arti kata harus pisah film untuk proses cetak kaos hitam. Cara print DTG di kaos hitam juga harus melewati beberapa tahapan salah satunya adalah harus pisah warna dahulu di program photoshop. Langkah sablon kaos hitam di mesin printer DTG memang agak sedikit rumit namun bila dilakukan dengan rutin maka tidak akan terasa rumit.

Teknologi cetak menggunakan printer DTG atau Direct To Garment printer mampu mencetak kaos tanpa batasan warna. Metode print white ink di aplikasikan pada kaos berwarna hitam atau warna kaos berbahan dasar gelap. Tinta putih berguna sebagai lapisan tinta warna. Untuk sablon DTG kaos hitam sistem cetaknya bisa menerima order secara satuan, beda dengan sablon manual yang hanya bisa menerima dengan minimal order paling sedikit 1 lusin. Pada tahun-tahun sebelumnya hingga sampai sekarang perkembangan bisnis cetak kaos distro lusinan maupun cetak kaos satuan semakin banyak dipakai oleh para pencetak kaos sablon manual maupun sablon digital. Hal ini karena perkembangan dan metode cetak yang canggih dan kualitasnya semakin bagus. Adapula print DTG dipadu dengan sablon manual bahkan ada juga yang menggunakan sablon DTG dengan Sablon Polyflek sehingga hasilnya sangat berbeda dengan kaos distro yang lain.

Membahas Cara print DTG di kaos hitam ada step atau langkah-langkah yang mungkin user anggap agak rumit, mengapa dianggap agak rumit karena harus melewati beberapa proses yang mungkin memakan waktu yang cukup lama. Namun langkah print kaos hitam tidak serumit yang kita pikirkan jika kita sudah terbiasa. Mungkin yang paling ribet adalah memberikan cairan treatment untuk kaos gelap. Mengapa dalam proses cara sablon tinta warna di kaos hitam menggunakan printer DTG harus diberikan cairan treatment terlebih dahulu, ya tentu saja karena untuk mengikat tinta putih di bahan kaos harus diberi cairan treatment.

Sudah disebutkan tadi kalo mau print DTG di kaos hitam harus memisahkan antara film warna dan film tinta white. Print DTG kaos hitam harus pisah warna untuk kaos hitam dengan program photoshop. Langkah pisah warna untuk print kaos hitam di mesin DTG printer juga akan dibahas dalam artikel ini lengkap beserta video tutorial cara pisah warnanya untuk di kaos hitam. Sablon kaos mesin printer DTG pada kaos hitam dan kaos putih sebenarnya hampir sama namun pada proses print di kaos putih tidak melewati proses pemberian cairan treatment. Tapi perlu diketahui untuk treatment untuk kaos putih bukan digunakan karena menggunakan tinta putih namun ingin terlihat cetakan di atas bahan kaos putih terlihat lebih cerah dan warnanya naik dan tidak mendem atau warna turun. Perbedaan Print kaos DTG yang menggunakan tinta putih dengan proses sablon kaos digital dengan print DTG Tanpa tinta putih sangat terlihat sekali terutama pada texture nya. Cara print DTG di kaos hitam memang ada tahapan penting harus dilakukan saat cetak kaos DTG.

Sebelum sobat ingin proses sablon DTG kaos hitam ada baiknya sobat lengkapi dahulu apa saja yang dibutuhkan untuk sablon DTG kaos hitam diantaranya adalah seperti mesin press atau hotpress, kuas polyester, semprotan halus atau bisa menggunakan kompresor, cairan treatment dark untuk kaos hitam.

Baiklah sobat jika sudahh banyak membaca sedikit tentang ulasan Cara print DTG di kaos hitam menggunakan printer DTG di atas, maka sobat bisa langsung praktekan melalui informasi tips dan trik langkah-langkahnya dibawah ini.

Proses pisah warna pada program Photoshop.

1. Pertama buka file di program Photoshop

2. Pilih Magic Wand Tool, lalu klik kanan pada background hitam dan pilih Color Range.

3. Klik pada background paling gelap yang ingin kita delete. Pilih Fuzziness 20 lalu OK

4. Setelah itu delete lalu Deselect (ctrl+D) untuk menghilangkan magic wand.

5. Setelah itu Save dengan nama file “color” dengan format TIFF.

6. Centang “Save Transparency” lalu klik OK

7. Pilih Adjustments – Invert.

8. Pilih Adjustments – Hue/Saturation.

9. Geser Saturation kekiri hingga “-100” lalu klik OK.

10. Pilih menu Adjustments – Curves (ctrl+M).

11. Pilih menu Darker (RGB) lalu klik OK. Dan ulangi hingga 5 kali.

12. Save nama file “white” dengan format TIFF.

13. Centang Save Transparency lalu klik OK.

Setting Acrorip 7.0.9.

01. Pertama buka program Acrorip 7.0.9. lalu buka file TIFF “color”.

02. Buka file TIFF “white”.

03. Pilih TAB COLOR dan pilih menu “YKWWMC”.

04. Isi 100% pada Ink Limit COLOR dan 200% pada WHITE”.

05. Pilih TAB WHITE dan pilih menu “White Gradient (Negative)”.

06. Pilih TAB PRINTER dan pilih Stylus Photo 1390, Check Paper size OFF, Resolution White dan Color 1440x1440 DPI, Dot Type Large Dot.

07. Pilih TAB PRINTER dan pilih Center to Page. samakan pada kedua file TIFF.

08. Pada file “color” Pilih TAB COLOR dan pilih 100% pada ink limit color.

Proses Pre-treatment kaos hitam hingga cetak kaos.

01. Sebelum kaos di treatment press kaos dahulu selama 10 detik.

02. Semprotkan cairan treatment pada kaos.

03. Press kaos selama 30 detik lalu ulangi semprot treatment pada kaos dan press kembali selama 30 detik.

04. Pasang kaos ke tatakan A3.

05. Ketik 1 pada Copies di kolom White Setting lalu klik PRINT.

06. Tunggu hingga print warna putih selesai.

07. Ketik 1 pada Copies di kolom Color Setting lalu klik PRINT.

08. Tunggu hingga print warna selesai.

09. Setelah selesai print lalu press kaos selama 60 detik.

Untuk proses print kaos hitam perlu melewati beberapa proses seperti di atas namun jika semua sudah menjadi rutinitas maka tidak akan menjadi kendala. Silahkan lihat versi video nya di bawah ini dan selamat mencoba. Salam sukses.

Cara ganti tinta DTG ke tinta kertas

Printer DTG modifikasi yang kebanyakan muncul di Indonesia adalah kebanyakan hasil produksi sendiri yang berasal dari produsen-produsen yang sudah berpengalaman dalam merakit printer DTG. Para produsen Printer DTG memodifikasi Tray tatakan kaos serta sensor kertas...

Cara ganti baru Capping Station pada Printer DTG

Pada artikel ini saya akan menjelaskan cara ganti baru Capping Station pada Printer DTG. Mengapa perlu mengganti capping station atau yang biasa disebut Pompa Printer DTG. Hal ini disebabkan karena capping station kotor pada aliran selang pompa dan akhirnya rusak....

Cara mengatasi hasil print DTG bergaris dan blur

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab kerusakan printer DTG dengan gejala Hasil Print Bergaris atau Blur. Bagi para pemula yang baru memulai usaha bisnis Sablon kaos dengan menggunakan printer DTG biasanya ada saja kendalanya, entah itu print...

Cara hitung modal sablon DTG

Dalam menjalankan usaha tentu Anda ingin cepat balik modal, beberapa usaha tentunya ada yang mudah dalam balik modalnya dan tentunya juga ada yang sangat sulit balik modalnya. Ini biasanya berpengaruh pada pemasaran dari usaha tersebut yang kurang tepat. Tetapi ada...

Bagaimana supaya hasil print DTG cerah di kaos

Untuk artikel yang satu ini saya akan membahas tentang bagaimana supaya hasil print DTG cerah di kaos, baik itu di kaos terang seperti kaos putih dan yang lainnya dan di kaos Hitam atau kaos berwarna. Ada baiknya Anda mengenal lebih dalam lagi tentang teknologi...

Website Partner

0857 760 57585

printerdtgvjet@gmail.com