Cara merawat mesin Printer DTG

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara merawat printer DTG supaya tetap awet dan tidak mudah rusak atau error. Tips bagaimana cara merawat printer DTG rutin dilakukan sehingga mesin DTG anda bisa awet dan hasilnya tetap bagus. Jika Anda ingin mendapatkan hasil print pada kaos yang bagus maka perawatan adalah kunci penting yang harus dilakukan secara rutin oleh pemilik printer DTG agar mesin printer dapat beroperasi dengan baik tanpa ada kendala. Pada perawatan rutin mesin printer DTG harus dibiasakan agar tidak merasakan beban bagi pemakai DTG.

Mesin DTG (Direct To Garment) adalah Mesin yang paling umum dan biasa digunakan di Indonesia dalam usaha percetakan kaos. Pada umumnya user lebih ingin mesin yang sempurna tanpa banyak kendala seperti mesin printer DTG Epson yang perawatannya mungkin tidak terlalu ribet. Maka dari itu perlunya tips perawatan fokus pada Head printer, pompa atau capping station untuk harian dan mingguan. Jika kebanyakan printer DTG lokal cepat rusak itu dikarenakan ada beberapa tahapan perawatan printer DTG yang sering di lewatkan. Apalagi mesin printer DTG yang menggunakan tinta textile putih atau white ink.

Pada dasarnya Printer DTG lokal di Indonesia adalah dari modifikasi printer kertas Stylus Photo yang diubah dijadikan Printer DTG. Tugas printer yang semula menarik kertas diubah tugasnya menjadi menarik Tray atau tatakan kaos. Tidak sedikit masalah yang timbul pada kebanyakan printer DTG lokal. Maka dari itu artikel cara merawat mesin printer DTG ini sangat perlu kita ketahui agar dalam menjalankan mesin DTG tetap lancar. Printer DTG memang cukup praktis dalam penggunaannya hanya dengan masukan file gambar ke komputer lalu di print ke mesin printer DTG. Kenapa dibilang praktis karena terbukti mesin ini mampu mencetak kaos atau sablon DTG secara satuan tanpa minimum order.

Kebersihan mesin juga menjadi hal yang utama dalam perawatan mesin yang harus dilakukan secara berkala. Suhu ruangan juga menjadi yang utama agar kestabilan head tetap terjaga. Sebenarnya hampir sama perawatannya dengan printer biasa, namun karena printer ini sudah menggunakan tinta tekstil apalagi tinta putih maka perawatannya harus lebih ekstra. Berikut hal yang perlu diperhatikan jika kita menggunakan printer DTG.

Tips merawat printer DTG yang baik dan benar supaya mesin tetap awet.

  1. Suhu ruangan harus diantara 25-29 derajat celcius agar tinta di head tidak cepat kering dan disarankan ruangan ber-AC.
  2. Jauhkan hotpress dan proses penyemprotan cairan treatment dari printer DTG agar printer DTG tidak mudah panas.
  3. Teteskan cairan cleaner pada busa capping/ pompa agar head tetap lembab.
  4. Lakukan print kaos minimal 1 kaos hitam agar tinta putih tetap keluar setiap hari.

Selain itu juga yang perlu diperhatiakan adalah kebersihan part printer DTG yaitu antara lain :

Wiper Blade

Wiper blade berfungsi untuk mengusap permukaan head pada saat proses cleaning head berlangsung. Pada Printer DTG disebelah kiri ada lubang untuk menurunkan Wiper Blade untuk supaya Carriage unit bisa digeser ke kiri. Setelah wiper naik segera lakukan pembersihan pada part tersebut dengan menggunakan Tissu atau dengan alat khusus yaitu “Swap Foam Stick” . Proses pembersihan ditambah dengan Cleaner agar dapat mengangkat kotoran pada Wiper Blade. Bersihkan Wiper Blade 1 minggu sekali jika order kaos banyak tetapi jika order kaos agak sepi lakukan saja prosesnya 1 bulan sekali.

Busa Capping Station

Busa capping station berada di dalam pompa capping station, précis berada disebelah wiper blade. Tugasnya adalah memvacum head dan menyedot head saat proses cleaning berlangsung. Permukaan Capping Station ini juga harus terjaga kebersihannya karena part ini berfungsi untuk membersihkan Head, agar hasil Nozzle tetap stabil. Di area inilah yang benar-benar harus diperhatikan, karena jika tinta putih sudah menumpuk di wiper blade dan pinggiran busa capping station maka kinerjanya menjadi tidak stabil dan akan mempengaruhi hasil pada Nozzle. Lakukan pembersihan busa capping station saat wiper blade juga dibersihkan, bersamaan dengan itu lakukan juga pembersihan pada pinggiran head printer. Biasanya banyak karet tinta yang mongering di pinggiran permukaan head print. Sering-seringlah memberikan cairan cleaner pada busa capping station agar terjaga kelembabannya.

Encoder Strip

Encoder strip berbentuk transparan panjang yang berada di belakang carriage unit, berfungsi sebagai petunjuk jalannya Head Printer. Jika ada kotoran yang menempel seperti muncratan tinta maka akan mempengaruhi jalannya carriage unit menjadi tidak lancer. Carriage Unit akan bergerak ke kiri dan ke kanan namun tidak beraturan dan mengakibatkan General Error. Lakukan pembersihan Encoder Strip secara rutin 1 bulan sekali dengan tissue yang sudah dibasahi oleh cairan cleaner standar. Dan jangan sekali-sekali membersihkan Encoder Strip dengan cairan cleaner yang komposisinya kuat atau cleaner strong, nanti akan merusak encoder itu sendiri.

Rel Drawer Slide

Rel berada pada pinggir kiri dan kanan Tray, yang berfungsi sebagai penghantaran tatakan yang digerakan oleh Roller Shaft, jika rel ini kotor maka juga akan menghambat pergerakan Tray yang akibatnya error pada mesin printer. Bersihkan Rel 3 bulan sekali dengan cairan minyak singer, minyak singer yang biasa digunakan untuk mesin jahit.

Untuk lebih jelasnya bisa Anda perhatikan video dibawah ini tentang cara merawat mesin printer DTG.

Pembahasan di atas sebenarnya berfokus pada Head Printer yang sering bermasalah, namun jika perawatan mesin printer DTG ini dilakukan dengan rutin maka hasil cetak pada kaos akan terlihat selalu bagus. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk pengguna DTG agar tidak bergantung pada teknisi. Selamat mencoba dan salam sukses.

Cara ganti tinta DTG ke tinta kertas

Printer DTG modifikasi yang kebanyakan muncul di Indonesia adalah kebanyakan hasil produksi sendiri yang berasal dari produsen-produsen yang sudah berpengalaman dalam merakit printer DTG. Para produsen Printer DTG memodifikasi Tray tatakan kaos serta sensor kertas...

Cara ganti baru Capping Station pada Printer DTG

Pada artikel ini saya akan menjelaskan cara ganti baru Capping Station pada Printer DTG. Mengapa perlu mengganti capping station atau yang biasa disebut Pompa Printer DTG. Hal ini disebabkan karena capping station kotor pada aliran selang pompa dan akhirnya rusak....

Cara mengatasi hasil print DTG bergaris dan blur

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab kerusakan printer DTG dengan gejala Hasil Print Bergaris atau Blur. Bagi para pemula yang baru memulai usaha bisnis Sablon kaos dengan menggunakan printer DTG biasanya ada saja kendalanya, entah itu print...

Cara hitung modal sablon DTG

Dalam menjalankan usaha tentu Anda ingin cepat balik modal, beberapa usaha tentunya ada yang mudah dalam balik modalnya dan tentunya juga ada yang sangat sulit balik modalnya. Ini biasanya berpengaruh pada pemasaran dari usaha tersebut yang kurang tepat. Tetapi ada...

Bagaimana supaya hasil print DTG cerah di kaos

Untuk artikel yang satu ini saya akan membahas tentang bagaimana supaya hasil print DTG cerah di kaos, baik itu di kaos terang seperti kaos putih dan yang lainnya dan di kaos Hitam atau kaos berwarna. Ada baiknya Anda mengenal lebih dalam lagi tentang teknologi...

Website Partner

0857 760 57585

printerdtgvjet@gmail.com