Buka jam 08.00 s/d jam 17.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Cara merawat mesin printer DTG

Cara merawat mesin printer DTG

Diposting pada 29 October 2017 oleh jualprinterdtg

Mesin printer DTG digunakan untuk mencetak sablon kaos secara langsung atau yang biasa disebut Direct To Garment. Mesin printer ini harus memiliki perawatan khusus karena printer ini adalah printer modifikasi dari printer kertas yang diubah menjadi printer kaos. Kenapa mesin DTG di Indonesia kebanyakan adalah modifikasi, Sobat bisa baca tentang jasa modifikasi di artikel tanya jawab.  Pada umumnya vendor di Indonesia kebanyakan masih menggunakan printer kertas dari basic Epson dan peminatnya masih banyak yang hasil modifikasi karena harganya masih terjangkau untuk dijadikan peluang usaha print kaos. Cara merawat mesin printer DTG tidaklah rumit jika kita selalu mengikuti prosedur yang ada.

Mengapa kita perlu merawat mesin printer DTG ? Alasannya cukup simple, karena mesin ini tidak jauh berbeda dengan mesin digital printing lainnya yang sangat membutuhkan perawatan itensif. Cara merawat mesin digital printing hampir sama dengan  merawat printer DTG. Perawatan printer DTG cukup dilakukan dengan rutinitas saja saat kita menjalankan mesin print kaos. Jika kita sering melakukannya maka kita akan terbiasa dan tidak menjadi beban untuk pekerjaan kita. Cara merawat mesin printer DTG dapat sobat tulis di dekat mesin dengan membuat catatan perawatan mesin DTG dan di tempel pada mesin DTG.

Bagaimana cara merawat mesin printer DTG ? mari kita lihat bersama pada artikel ini. Tips cara merawat dan memelihara mesin printer DTG dapat dilakukan langkah pertama yaitu Head Printer. Mengapa yang paling utama adalah head printer karena head ini adalah tempat menampungnya tinta tekstil yang jika perawatannya tidak diperhatiakn secara rutin akan mengakibatkan mampet dan printer DTG rusak. Untuk cara merawat printer DTG bisa kita lihat di bawah ini.

Tips merawat printer DTG

  1. Perhatikan suhu ruangan dan usahakan tidak panas yang mengakibatkan head printer cepat kering atau buntu. Suhu ruangan harus di antara 25-29 derajat Celcius.
  2. Lakukan cleaning jika printer sudah tidak lama melakukan print kaos atau lebih dari 4 jam.
  3. Jaga kondisi Head agar tetap lembab dengan meneteskan cairan Head Cleaner ke busa capping station.
  4. Jauhkan mesin press kaos dari printer DTG.
  5. Jika menggunakan cairan treatmen usahakan harus aman dan tidak mengena ke part head printer.

Perawatan mesin DTG tidak jauh berbeda dengan printer kertas lainnya, namun harus lebih diperhatikan lagi karena printer ini tintanya menggunakan tinta kaos atau tinta tekstil jadi agak cepat kering. Dalam artikel cara merawat mesin printer DTG kiranya dapat membatu sobat dalam cara perawatan mesin.

Part lain yang perlu diperhatikan dalam perawatan printer DTG.

  • Encoder Strip.
Cara merawat mesin printer DTG 01

Cara merawat mesin printer DTG 01

Encoder Strip berfungis sebagai petunjuk jalan bagi kinerja Head Printer. Bersihkan encoder seminggu sekali dengan menggunakan cleaner yang standar.

  • Selang tinta.
cara merawat mesin printer dtg 02

cara merawat mesin printer dtg 02

Selang tinta dipasang pada Printer atau di modif untuk infus tinta DTG. Dari hasil modifikasi tinta menggunakan tabung tinta dan Cartridge. Perlu diperhatikan juga kelancaran dari selang tersebut, jika ada angin di selang maka harus dibuang anginnya agar hasil cetaknya kembali normal.

  • Wiper Blade.
cara merawat mesin printer dtg 03

cara merawat mesin printer dtg 03

Wiper Blade berfungsi untuk mengusap permukaan head printer pada saat Head Cleaning berlangsung. Bersihkan part tersebut dengan menggunakan Cotton but atau dengan alat khusus yang biasa dipakai teknisi yaitu “Swap Foam Stick” . proses pembersihan ditambah dengan cairan cleaner head agar dapat mengangkat kotoran pada Wiper Blade capping stations.

  • Capping Station.
cara merawat mesin printer dtg 04

cara merawat mesin printer dtg 04

Capping station berada persis di sebelah Wiper Blade, Capping Station ini berfungsi untuk proses kerja Cleaning Head Printer. Bersihkan secara bersamaan dengan wiper blade dengan memberikan cairan cleaner tepat pada busa capping station.

  • Belt Print Carriage.
cara merawat mesin printer dtg 05

cara merawat mesin printer dtg 05

Kotoran seperti tinta, serat kain dan debu juga bisa menempel di Belt Carriage Printhead dan bisa menyebabkan kerja motor printhead jadi lebih berat dan dapat merusak motor print head. Bersihkan Belt Carriage printhead secara rutin dengan sikat gigi biasa.

  • Rel tray kaos.
cara merawat mesin printer dtg 06

cara merawat mesin printer dtg 06

Rel atau Drawer Slide berfungsi untuk proses berjalannya tray kaos, jika Rel tidak dibersihkan akan mengakibatkan menumpuknya kotoran.

Demikian artikel cara merawat mesin printer DTG. O iya sobat.. untuk perawatan mesin printer DTG yang menggunakan tinta putih atau White Textile Ink terutama Dupont USA harap diperhatikan karena sifat tintanya gak keras namun jangan khawatir karena perawatannya tidak sulit. Cukup dengan perawatan yang itensif dan konsistensi saja itu tidak akan membuat head printer DTG sobat buntu. Semoga artikel ini bisa membantu sobat dalam hal perawatan printer DTG. Selamat mencoba…

Bagikan informasi tentang Cara merawat mesin printer DTG kepada teman atau kerabat Anda.

Cara merawat mesin printer DTG |

Belum ada komentar untuk Cara merawat mesin printer DTG

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan