Buka jam 08.00 s/d jam 17.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Cara mengoperasikan printer DTG

Cara mengoperasikan printer DTG

Diposting pada 23 September 2017 oleh jualprinterdtg

Printer DTG atau direct to garment adalah mesin cetak di atas bahan kaos atau bahan-bahan garment secara langsung tanpa harus membuat film cetak atau membuat acuan cetak. Dengan men-desain gambar atau foto di photoshop atau program desain lainnya, Anda hanya perlu membuka file pada AcroRip lalu dengan mudah mencetaknya. Nah dengan metode atau cara mengoperasikan printer DTG ini tidak susah kan, apalagi jika pekerjaan ini sudah rutin dilakukan maka akan menjadi mudah untuk menjalankannya.

Cara mengoperasikan mesin cetak kaos DTG

cara kerja printer dtg

cara mengoperasikan printer dtg

Printer DTG sebenarnya dikhususkan untuk cetak kaos satuan yang tidak bisa dilakukan pada sablon manual biasa, dengan desain sesuka hati dan tanpa ada batasan warna inilah yang menjadikan printer DTG menjadi mesin yang sangat digemari para pengguna sablon kaos lainnya. Maka itu dengan panduan cara mengoperasikan mesin cetak kaos DTG, artikel cara mengoperasikan printer DTG ini sangatlah mempermudah Anda dalam menjalankan mesin printer DTG. Lain halnya jika metode atau cara sablon manual yang terbatas dan metode sublime yang menggunakan transfer paper yang pengeluaran modalnya cukup mahal.

Berikut adalah cara menjalankan mesin Printer DTG

Yang harus dipersiapkan saat pengoperasian printer DTG adalah :

  1. Nyalakan printer DTG.
persiapan print kaos dtg a3

persiapan print kaos dtg a3

2. Driver Printer DTG yang sudah di instal di PC.

install driver printer dtg 1390

install driver printer dtg 1390

3. Setting ukuran cetak pada driver printer DTG.

setting driver printer dtg a3

setting driver printer dtg a3

Setelah selesai silahkan buka program AcroRip lalu silahkan Sobat ubah settingan pada menu AcroRip tersebut. Berikut cara merubahnya :

1.Setting ukuran Template, buka File – Template.

setting template acrorip

setting template acrorip

2. Setting menu printer pada program AcroRip.

setting printer acrorip

setting printer acrorip

3. Setting menu Layout pada program AcroRip.

setting layout pada program acrorip

setting layout pada program acrorip

4. Setting menu Color Management pada program AcroRip.

setting tinta acrorip

setting tinta acrorip

Setelah selesai lalu pasang kaos yang akan di print pada mesin printer DTG. Berikut adalah caranya :

1.Pasang kaos pada tatakan tray kaos.

pasang kaos di tray printer dtg

pasang kaos di tray printer dtg

2. Lalu masukan tray kaos hingga mentok kebelakang dan kunci tuas dengan cara memutar tombol.

dorong tray kaos hingga kebelakang

dorong tray kaos hingga kebelakang

3. Tekan F10 (Print) dan isi angka 1 di kolom Color Setting untuk menjalankan perintah print warna.

print kaos color setting

print kaos color setting

Setelah selesai print, sobat bisa meletakan kaos pada mesin hotpress untuk supaya tinta menyerap dan mengikat pada serat kaos. Proses itu akan membuat cetakan pada bahan kaos menjadi awet dan tidak mudah rontok.

Jika sobat sudah tahu cara sablon kaos DTG atau cara mengoperasikan printer DTG tentunya akan memperlancar pekerjaan Anda dalam menjalankan usaha print DTG. Sebenarnya penggunaan mesin printer DTG ini tidak perlu orang yang ahli, dan cara kerja printer DTG juga tidak terlalu susah jadi orang yang belum pernah mengoperasikan printer DTG sekalipun pasti bisa menggunakan printer DTG  ini, yang dibutuhkan hanya perlu panduan untuk pengoperasiannya saja.

Jika kita memiliki mesin printer DTG namun tidak paham dan tidak tahu cara mengoperasikan printer DTG tentunya akan banyak merugikan kita sebagai user. Mengapa sangat merugikan kita sebagai user, karena mesin printer DTG ada banyak part yang harus kita lindungi agar part tersebut terpelihara dengan baik dan berumur panjang. Terlebih jika part Head Printer, part inilah yang sangat harus benar-benar diperhatikan agar pemakaiannya tidak merusak part tersebut. Karena Head Printer ini cukup mahal harganya maka kita harus tahu cara pengoperasian printer DTG, jika tergores sedikit saja maka head printer tersebut akan rusak total dan tidak bisa diperbaiki ataupun digunakan lagi. Untuk itu artikel cara mengoperasikan mesin digital printing DTG ini sangatlah penting.

Mengapa cara Sablon Digital Printing atau cara mengoperasikan mesin cetak DTG ini sangat penting dan perlu kita ketahui, karena pada dasarnya mesin ini adalah buatan manusia dan hasil hasil modifikasi dari printer kertas yang fungsinya sudah dirubah menjadi mencetak kaos. Memang kebanyakan di Indonesia sendiri masih menggunakan printer DTG modifikasi namun cara kerja printer DTG sama dan hasil cetaknya sangat menajubkan dan tidak kalah dengan mesin printer DTG lainnya.

Beberapa artikel yang kami buat seperti cara mengoperasikan printer DTG ada juga artikel lain seperti cara print DTG kaos hitam dan juga akan mempermudah sobat dalam menjalankan bisnis kaos DTG ini. Cara mudah menggunakan printer DTG yaitu dengan panduan yang diberikan vendor saat Anda membeli mesin printer DTG. Untuk print kaos hitam sendiri harus melewati beberapa proses yang mungkin sedikit rumit seperti setting acrorip tinta putih ataupun menyemprot cairan treatmen pada kaos, menyemprot cairan treatmen juga berlaku pada kaos terang dengan menggunakan cairan pretreatment kaos terang, namun ini tidak wajib. Dengan panduan yang sobat baca disini akan memperlancar pengoperasian cara print kaos dengan printer DTG dengan baik.

Nah sekarang dengan membaca artikel cara mengoperasikan printer DTG tentunya Sobat sudah mengerti ya.., hanya tinggal prakteknya saja ya sobat. Selamat mencoba..!!

Bagikan informasi tentang Cara mengoperasikan printer DTG kepada teman atau kerabat Anda.

Cara mengoperasikan printer DTG |

Belum ada komentar untuk Cara mengoperasikan printer DTG

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan